EXTERIOR

7 Tanaman Pencegah DBD

Gervin Nathaniel Purba
Senin 13 Juli 2020 / 18:59

Jakarta: Selain wabah virus korona (covid-19), masyarakat juga patut waspada terhadap demam berdarah dengue (DBD).

Menurut, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, di Indonesia total kasus DBD mencapai 71.347 hingga Rabu, 8 Juli 2020. Dan, angka kematian tertinggi dari Provinsi Jawa Barat. 

Nah, menjaga kebersihan rumah dan memastikan tidak adanya genangan air menjadi wajib dilakukan agar nyamuk tidak berkembang biak. 

Selain itu, ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, yakni dengan menanam tujuh tanaman yang dinilai ampuh untuk mengusir nyamuk, seperti: 

1. Lavender

Aroma lavender yang menenangkan dan indah tampak menenangkan bagi kita. Serangga, termasuk nyamuk, cenderung menjauhinya.

2. Basil

Dikutip dari Asia One, tanaman basil berfungsi sangat baik dalam mengusir nyamuk dan lalat. Sebuah penelitian pada 2009 menemukan bahwa tanaman yang memiliki nama lain kemangi ini, beracun bagi larva nyamuk.

embed

(Aroma lavender yang menenangkan dan indah tampak menenangkan bagi kita. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

3. Rosemary

Selain membumbui daging favorit, rosemary juga merupakan pembasmi serangga alami yang hebat. Tanaman berbunga ini juga menumbuhkan bunga ungu yang cantik untuk mempercantik taman dan rumah Anda.

4. Geranium

Tanaman berbunga lain, geranium juga bagus untuk mengusir nyamuk berkat bahan kimia di dalamnya. Bunga-bunga indah mereka juga sempurna untuk mempercantik rumah.

5. Bawang putih

Tambahkan bawang putih ke hamparan bunga atau di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk. Bawang putih mengandung allicin, bahan kimia yang berbahaya bagi nyamuk dan serangga lainnya. Kamu dapat memotong dan menyebarkan siung bawang putih di sekitar halaman atau balkon.

embed

(Selain bisa mencegah datangnya nyamuk, Geranium juga sempurna untuk mempercantik rumah. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

6. Serai

Tanaman ini termasuk salah satu bahan alami yang paling umum digunakan dalam penolak nyamuk. Agar serai dapat bekerja paling efektif, pastikan untuk menghancurkan beberapa daun sehingga melepaskan beberapa minyak alami harum yang dikandungnya, yang dapat kamu aplikasikan langsung ke kulit.

7. Daun mint

Daun mint juga bisa digunakan di dapur. Menghancurkan beberapa daun mint juga akan membantu melepaskan minyak alami untuk mengusir nyamuk.


(yyy)