FITNESS & HEALTH

Benarkah Konsumsi Sayuran dapat Membantu Turunkan Berat Badan?

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 11 September 2020 / 11:28

Jakarta: Seperti kita ketahui, sayuran adalah salah satu makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Pasalnya, beragam jenis sayuran sudah terbukti sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Namun, bukan cuma itu lho! Ternyata, rutin mengonsumsi sayuran juga diyakini dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Wow!

Dikutip dari Healthline, sayuran umumnya memiliki kepadatan kalori yang rendah karena mengandung sangat sedikit kalori untuk volume yang mereka konsumsi di perut.

Sayuran juga kaya serat, yang dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Juga, serat kental sejenis serat yang banyak ditemukan pada sayuran, tampaknya sangat efektif untuk mengurangi nafsu makan.

Dengan demikian, menambahkan sayuran ke dalam makanan tentu dapat membantu menurunkan berat badan, dengan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. 

Faktanya, beberapa penelitian mengaitkan peningkatan asupan sayuran dengan penurunan berat badan dan penambahan berat badan yang lebih lambat dari waktu ke waktu.

embed

(Sayuran juga kaya serat, yang dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Satu studi kecil meneliti asupan buah dan sayuran pada individu yang kelebihan berat badan selama periode enam bulan. Orang-orang yang disarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran, kehilangan berat badan hingga 1,5 kilogram.

Hal itu terjadi untuk setiap porsi tambahan 100 gram buah dan sayuran yang dimakan per hari. Sementara itu, buah dan sayuran berwarna gelap atau kuning tampaknya memiliki manfaat penurunan berat badan terbesar.

Studi lain mencatat asupan buah dan sayuran pada orang selama lebih dari 24 tahun. Para peneliti melaporkan hasil mereka per periode 4 tahun dan melihat hubungan antara asupan tinggi sayuran tertentu dan penurunan berat badan.

Secara khusus, per periode 4 tahun, peserta kehilangan rata-rata 0,1 kg untuk setiap 4–8 ons cairan (125–250 ml) porsi sayuran non-tepung yang dimakan setiap hari.

Namun, tinjauan terhadap lima penelitian gagal menemukan hubungan antara asupan buah dan sayuran tambahan dan penurunan berat badan. Terlebih lagi, sayuran bertepung seperti jagung, kacang polong, dan kentang cenderung dikaitkan dengan penambahan berat badan, bukan penurunan berat badan.


(yyy)