FITNESS & HEALTH

Ragam Penyebab Diet Sering Gagal

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 28 Mei 2020 / 15:00

Jakarta: Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa rencana diet tidak berhasil atau gagal? Walaupun merasa sudah berupaya dengan maksimal mulai dari kesabaran hingga disiplin, namun tak kunjung mengetahui apa alasannya.

Kamu mungkin sudah pernah mencoba banyak metode diet. Mulai dari yang sedang populer termasuk diet keto, diet paleo, puasa intermiten, hingga diet mediterania.

Apa pun metode diet yang diterapkan, ada tujuan umum pada orang-orang yang menjalaninya, yakni fakta bahwa banyak dari mereka ingin menurunkan berat badan. Harapan lainnya, mudah-mudahan bisa meneruskan tekad untuk menjalani pola hidup lebih sehat di sepanjang waktu.

embed

(Dalam kebanyakan kasus, makan lebih sedikit makanan tidak sehat dan memasukkan makanan sehat ke dalam makananmu, tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Dikutip dari Medical Daily, bagaimanapun juga banyak dari orang-orang menjalankan diet karena alasan tertentu. Faktor umum dari ketidakberhasilan diet ialah banyak dari mereka mengikuti diet tanpa mempersiapkan diri dengan benar atau berkomitmen dengan sungguh.

Hal yang perlu menjadi catatan, menjalani diet tanpa memahami bagaimana seharusnya diet dilakukan. Jadi, bila kamu menemukan kesulitan dalam menjalankan diet, alasannya mungkin salah satu dari alasan berikut ini.

1. Diet tidak sesuai dengan kebutuhan

Salah satu faktor terbesar di balik kurangnya penurunan berat badanmu ialah diet yang dijalani mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan dan jenis tubuhmu. Misalnya, orang selalu menganggap bahwa makan lebih sedikit akan menghasilkan penurunan berat badan. 

Namun, ketika kamu mengonsumsi makanan yang buruk, cara itu hanya akan menyebabkan kamu mengacaukan tubuh. Selanjutnya, justru dapat menyebabkan masalah dan kondisi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk terlebih dahulu memahami tubuh kamu sebelum memulai diet.

2. Kurangnya perubahan gaya hidup yang tepat

Dalam kebanyakan kasus, makan lebih sedikit makanan tidak sehat dan memasukkan makanan sehat ke dalam makananmu, tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Kamu juga harus berolahraga, terutama jika berat badan lebih besar dari ukuran ideal.

Dengan demikian, pastikan bahwa kamu berolahraga secara konsisten berbarengan dengan metode diet yang dipilih. Hal ini adalah kunci keberhasilan penurunan berat badan. 

embed

(Kamu juga harus berolahraga, terutama jika berat badan lebih besar dari ukuran ideal. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Namun tak sesederhana itu. Lakukanlah juga pola tidur dengan benar, hindari merokok, dan kurangi mengonsumsi minuman beralkohol. Akan sangat membantu jika kamu tidak minum alkohol sama sekali.

3. Perencanaan yang buruk

Rencanakanlah diet dengan baik, bukan hanya sekadar membuatnya. Maka dari itu, kamu harus merencanakan makanan dan membuat jadwal olahraga. Kemudian, menerapkan keduanya sesuai jadwal perencanaan. Cara ini akan memudahkan kamu untuk memerhatikan perkembangan dari perubahan tubuh.


(yyy)