FITNESS & HEALTH

Jangan Salah, Ternyata Karbohidrat Baik untuk Diet Lho

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 17 Juli 2020 / 16:58

Jakarta: Karbohidrat memiliki reputasi yang buruk, terutama di mata para pegiat diet. Banyak orang khawatir bahwa mereka akan bertambah berat jika makan dengan roti, pasta, nasi, atau gandum.

Namun, Ahli Diet Alex Parker dan Anna Debenham dari organisasi konsultasi nutrisi The Biting Truth, mengatakan ketakutan ini sebagian tidak beralasan. Sebab, karbohidrat yang harus kamu makan justru untuk membantu program diet yang tengah kamu jalani.

"Tidak semua karbohidrat sama. Karbohidrat adalah kelompok payung besar yang mencakup banyak makanan berbeda," ujar Parker dikutip dari SBS.

"Misalnya, quinoa dan kue coklat sama-sama karbohidrat. Quinoa adalah gandum utuh dan itu akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sementara kue coklat adalah makanan olahan yang jelas tidak baik untuk menurunkan berat badan," tambahnya.

Terdapat banyak makanan lain yang termasuk biji-bijian olahan. Diantaranya, nasi putih, roti putih, beberapa kerupuk olahan, beberapa sereal sarapan olahan, jelai mutiara, dan couscous mutiara.

embed

(Quinoa adalah gandum utuh dan itu akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Mereka menekankan bahwa kamu hanya tidak mendapatkan nutrisi yang sama dari biji-bijian olahan seperti yang kamu dapatkan dari biji-bijian utuh. Sementara, kita harus selalu bertujuan untuk makan biji-bijian utuh.

Makanan gandum utuh yang umum ialah roti gandum, quinoa, gandum, beras merah, dan kerupuk gandum utuh, pasta, kuskus, dan tepung. Satu butir utuh mencakup seluruh biji, di mana gandum itu utuh.

"Biji-bijian utuh mengandung tiga bagian penting, yaitu lapisan luar biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral, serat dan fitonutrien; endosperma yang merupakan lapisan biji-bijian yang benar-benar mengandung zat tepung, karbohidrat dan kaya protein; dan kuman lapisan yang mengandung vitamin B dan mineral," jelas Debenham.

Debenham menambahkan bahwa biji-bijian sebenarnya memiliki indeks glikemik (GI) rendah. Selain itu, makanan rendah GI sangat bagus untuk manajemen berat badan.

"Konsumsi gandum utuh terkait dengan penurunan berat badan dan manajemen berat badan karena mengandung nutrisi seperti serat yang membuat Anda merasa kenyang, yang juga baik untuk kesehatan usus Anda," pungkasnya.


(yyy)