FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Hatha Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Raka Lestari
Senin 10 Agustus 2020 / 18:46

Jakarta: Hatha yoga adalah jenis yoga yang dilakukan dengan menahan postur tubuh tertentu, yang disebut dengan asana. Yoga ini berguna untuk melatih kekuatan otot dan menghubungkan pikiran dengan tubuh.

Selain itu, ada juga empat manfaat Hatha yoga yang perlu kamu ketahui dilansir dari Insider, yaitu:

1. Menguatkan otot inti 

Hatha yoga dapat membantu memperkuat otot inti yang meliputi otot di perut, pinggang, panggul, dan punggung. Ini adalah otot inti penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan karena otot inti yang kuat dapat membantu mencegah nyeri punggung bawah, meningkatkan keseimbangan, serta mengurangi kemungkinan cedera otot.

Hatha yoga memperkuat otot inti karena memerlukan pose menahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga mengaktifkan otot seperti perut dan bokong.

2. Dapat membantu tidur di malam hari lebih nyenyak

Melakukan Hatha yoga juga dapat mengurangi level kortisol, hormon yang berkaitan dengan siklus tidur. Level kortisol yang rendah dapat menjadi tanda bagi tubuh untuk tidur, sehingga dengan melakukan yoga sebelum tidur maka dapat membantu kamu tertidur lebih cepat. Beberapa ahli juga percaya bahwa yoga dapat bermanfaat untuk tidur karena dapat membantu untuk membuat rileks tubuh dan pikiran sebelum tidur.

embed

(Hatha yoga memperkuat otot inti karena memerlukan pose menahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga mengaktifkan otot seperti perut dan bokong. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Meringankan gejala depresi 

Beberapa ahli juga percaya bahwa Hatha yoga dapat membantu meringankan depresi karena ini dapat berguna sebagai neurotransmitter di otak yang memiliki efek sama seperti antidepresan. Sebagai contoh, melakukan yoga dapat meningkatkan level neutransmiter seperti serotonin dan asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

GABA dapat menenangkan sistem saraf dan membantu meringankan kecemasan yang terjadi ketika depresi, sementara serotonin dapat membantu mengatur emosi.

4. Membantu mengatur stres

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, Hatha yoga juga dapat membantu kamu lebih rileks dan mengurangi stres. Ini karena melakukan yoga dapat berdampak pada sistem saraf dan sistem endokrin, yang membantu mengontrol fungsi tubuh seperti melepaskan hormon dan mengatur tekanan darah. Ketika, kamu mengalami stres baik hormon kortisol dan tekanan darah biasanya cenderung akan naik.


(yyy)