KULINER

7 Manfaat Tak Terduga Buah Durian

Gervin Nathaniel Purba
Selasa 04 Agustus 2020 / 09:20

Jakarta: Buah berduri ini memang menjadi favorit bagi banyak orang. Hanya dengan melihat dan mencium aromanya saja, rasanya lidah tergoda untuk memakannya ya!

Nah, dibalik kenikmatannya, ternyata durian juga menyimpan sejumlah manfaat lho, seperti: 

1. Membuat senang

Dikutip dari Asia One, durian yang enak bukan satu-satunya alasan senyum di wajah. Buah ini memiliki bahan kimia bahagia untuk membuat kamu merasa baik.

Durian mengandung asam amino triptofan yang dikonversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood membaik secara alami setelah makan durian.

2. Mengatur tidur

Triptofan (asam amino esensial) dalam durian diubah menjadi melatonin. Hormon yang dapat mengendalikan siklus tidur. Semakin tinggi kadar melatonin, semakin mudah kamu untuk tertidur.

3. Kontrol tekanan darah

Durian kaya akan kalium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Namun, perlu diingat tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.

embed

(Durian kaya akan besi dan tembaga untuk menunjang pertumbuhan tulang yang kuat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Sumber energi

Durian cocok untuk camilan sebelum berolahraga. Kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga memberikan pelepasan energi cepat untuk membuatmu menjadi kuat selama berolahraga.

5. Tingkatkan kesehatan tulang

Besi dan tembaga adalah mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Durian kaya akan mineral itu.

Sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menunjukkan bahwa memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi membantu meningkatkan kepadatan tulang. Sedangkan, asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki efek yang dapat diabaikan pada tulang.

6. Kulit lebih bagus

Dengan 11,6 mg vitamin C per sajian (dua biji sedang), durian mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis. Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi tampilan pigmentasi dan kerutan.

7. Tingkatkan gairah seks

Durian dikenal sebagai makanan penambah libido diantara orang Asia. Bahkan, ada pepatah tradisional Indonesia yang terkenal, yakni ketika durian jatuh, sarung naik.

Pemerintah Malaysia sedang melakukan studi komprehensif tentang nilai afrodisiak durian. Bahkan, jika durian tidak meningkatkan libido kamu secara signifikan, durian mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Yuk, makan durian!


(yyy)