INTERIOR

Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Gervin Nathaniel Purba
Jumat 26 Juni 2020 / 10:21

Jakarta: Kamar tidur yang ideal memberikan lingkungan untuk istirahat, mengembalikan energi positif, dan relaksasi. Jika tidak dirancang dengan menenangkan, sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik.

"Seharusnya terasa seperti suite hotel favoritmu. Ditambah dengan barang-barang pribadi seperti beberapa bingkai foto, lilin yang bagus, dan sebuah buku," kata Desainer Interior Natalie Kraiem, dikutip House Beautiful.

Menurut Kraiem, kamar tidur memiliki kekuatan untuk membingkai ulang perspektif tentang kenyamanan. Dari mengubah hal-hal kecil bisa berdampak besar pada kenyamanan kamar tidur.

Kamu bisa melakukan delapan cara ini untuk menambah tingkat kenyamanan tidur di kamar kesayanganmu, yaitu dengan: 

1. Investasi kasur berkualitas

Idealnya, kasur diganti setiap tujuh hingga 10 tahun. Tetapi juga penting untuk mendengarkan 'perasaan' tubuh.

Apakah kamu sakit punggung atau merasa tidak nyaman seperti biasanya saat berada di tempat tidur? Apakah ketika bangun tidak merasa istirahat? Apakah mendapatkan tidur malam yang lebih baik saat bepergian, dan bukan hanya karena liburan? Ini semua adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tempat tidur.

Kasur adalah elemen paling penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Kraiem merekomendasikan kamu untuk mengambil satu dari perusahaan kasur dengan reputasi yang baik dan tahan lama. 

embed

(Kraiem mengatakan seprai berwarna putih dan gading klasik dapat membuat tempat tidur terasa bersih dan segar. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2. Gabungkan pencahayaan berlapis-lapis

Mengurangi cahaya akan membuat tidur lebih mudah. Gunakan juga jendela penyaring sinar matahari saat tidur siang.

Kraiem menyarankan tirai ringan atau warna Romawi dalam kain yang indah dengan lapisan hitam di belakangnya. Sedangkan, untuk pencahayaan dalam kamar, Kraiem menyarankan campuran dari lampu meja dan lampu baca untuk lampu tersembunyi atau flush mounts dan sebuah lilin.

Lalu, pilih penutup lampu yang meredupkan kecerahan. Dimmer berguna di kamar tidur, seperti halnya bola lampu pintar yang merespons perintah vokal atau aplikasi telepon untuk membuat segala sesuatunya menjadi buruk.

3. Gunakan aromaterapi

Aroma terbaik dari sekian banyak pilihan, di antaranya kamomil, lavender, cedar, dan ylang-ylang. Baik itu dari lilin yang terbuat dari kaca smokey, tempat dupa keramik yang indah, atau diffuser batu yang ramping.

Aroma yang tenang sangat baik untuk dibawa ke kamar tidur karena sifatnya yang menghilangkan stres dan  kecemasan.

embed

(Aroma yang tenang sangat baik untuk dibawa ke kamar tidur karena sifatnya yang menghilangkan stres dan  kecemasan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

4. Sentuhan warna lembut

Skema warna kamar tidur (selain pencahayaan) tidak hanya akan mengatur mood untuk furnitur dan aksen. Tetapi, juga dapat memengaruhi emosi dan rutinitas.

Jika menginginkan sesuatu yang mudah dan serbaguna, warna seperti blush atau putih akan cocok. Selain itu, warna gelap seperti hijau zamrud, biru tua, dan hitam lembut menawarkan efek yang nyaman dan menenangkan.

Kraiem sendiri lebih menyukai seprai berwarna terang dan selimut. "Seprai putih dan gading klasik dapat membuat tempat tidur terasa bersih dan segar," katanya.

5. Pengaturan tempat tidur

Menurut Kraiem, ketinggian tempat tidur sangat penting. Itu harus proporsional dengan tinggi badan, sehingga ketika berbaring kamu akan merasa membumi, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Tempat tidur juga harus sesuai dengan ukuran ruangan. Langit-langit tinggi dapat menghasilkan bingkai yang lebih tinggi dan ruang yang lebih kecil mendapat manfaat dari profil yang lebih rendah.

Kenyamanan juga harus diperhatikan saat memikirkan tinggi tempat tidur. “Jarak antara bagian atas kasur dan lantai seharusnya tidak menekan sendi saat bangun atau keluar dari tempat tidur,” kata Kraiem.

"Jika pinggul dan lutut sejajar dan kaki rata di lantai saat duduk di kasur, maka Anda memilih tempat tidur yang tepat," pungkasnya. 


(yyy)