INTERIOR

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis

Yuni Yuli Yanti
Jumat 11 September 2020 / 15:31

Jakarta: Konsep rumah minimalis kini semakin banyak digemari masyarakat. Dikenal sebagai hunian yang identik dengan makna esensial, fungsional, serta geometris. Konsep rumah ini juga mengedepankan fungsi sebuah ruang yang maksimal.

Nah, untuk Teman Gaya yang sedang merencanakan untuk memiliki rumah bergaya minimalis, berikut beberapa ide desain interior yang bisa kamu tiru, diantaranya: 

1.  Ruang tamu dan keluarga 

Merancang interior ruang tamu di rumah minimalis, buatlah dengan langit-langit yang tinggi dan jendela yang besar, agar ruangan menjadi terasa luas. Juga, memaksimalkan jumlah cahaya yang masuk. 

Selain itu, juga memberikan sirkulasi udara yang baik dalam sebuah ruang. Pemilihan warna-warna yang lembut, serta aksen kayu juga dapat memberikan kesan nyaman dan santai.

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2.  Berpalet warna lembut 

Keseluruhan interior rumah memancarkan suasana lembut berkat padu padan warna biru dan merah muda. Penempatan kedua warna tersebut didampingi dengan warna putih agar tidak menimbulkan kesan terlalu feminim pada rumah. 

Ide utama dalam penggunaan palet warna ini adalah menciptakan kesan airy sembari membangun relasi antara penghuni dengan corak warna yang mengisi rumahnya.

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Ruang makan

Aksen kayu pada ruang makan dapat memberikan suasana yang lebih natural. Sliding door luas, serta aksen hijau pada teras terbuka juga dapat memberikan kesan segar.

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Tonal interior

Kamar mandi yang mengundang rileks dan menenangkan pikiran dapat diciptakan dengan menerapkan tonal interior. Konsepnya adalah mengaplikasikan rangkaian warna yang masih dalam satu kelompok warna (misalnya coklat tua dan coklat muda). Kombinasikan dengan tile dinding bermotif abstrak serta memiliki warna lembut sebagai trik membuat ruang terlihat luas.

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

5. Taman minimalis untuk kesegaran rumah

Pemilihan antara taman kering atau taman basah di rumah bisa ditentukan dari kebiasaan sang pemilik dan luasan area yang dimiliki. Jika, kamu tipe orang yang suka berkebun atau bercocok tanam, taman basah dengan rerumputan bisa menjadi sanctuary area tersendiri. 

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok.123rf.com)

6. Material ramah lingkungan

Pemilihan nuansa warna atau material pada contoh rumah minimalis umumnya tidak lebih dari dua kombinasi. Bila, kamu merasa warna putih itu terlalu polos, tambahkan material kayu atau dinding batu alam bermotif sederhana sebagai aksen. Beberapa material yang kerap digunakan di rumah minimalis adalah batu bata, beton ekspos, besi, dan kayu.

embed

(Foto: Ilustrasi. Dok.Thegreekfoundation.com)


(yyy)