KOMUNITAS

Ayo ke Mekkah ala Komunitas Backpacker

Yuni Yuli Yanti
Selasa 10 Desember 2019 / 12:06

Jakarta: Bisa melakukan ibadah haji ke tanah suci merupakan impian setiap muslim. Melaksanakan ibadah haji wajib hukumnya bagi orang-orang yang mampu. Dan, menjadi sunnah bagi orang yang kurang mampu.

Karena ibadah haji membutuhkan kesiapan mental dan finansial dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka, orang terkadang memilih untuk melakukan umroh terlebih dulu.

Namun, biaya umroh saat ini tergolong mahal. Setidaknya, kamu harus menyiapkan 20 juta untuk sekali perjalanan umroh. Tapi, jangan khawatir. Untung ada jalan lain menuju tanah suci yang dapat menekan biaya tersebut yaitu dengan mengikuti caranya komunitas umroh backpacker.

Backpacker adalah perjalanan yang independen artinya perjalanan dengan bawa barang sedikit yang punya nilai edukasi dan memiliki biaya rendah pastinya. Ternyata, cara tersebut bisa diaplikasikan dalam perjalanan ibadah ke tanah suci Mekkah. Seperti yang dilakukan Elly Basrah Lubis, ketua komunitas Umroh Backpacker saat berbincang dengan Podme.id.

Wanita yang akrab disapa Butet ini background-nya memang dari bisnis travel. Awalnya mencetuskan umroh dengan cara backpacker karena ada teman yang ingin menjalani ibadah umroh tapi dia sudah memiliki tiket pesawat sendiri. Temannya tersebut meminta bantuan Butet untuk memberikan paket umroh tanpa biaya tiket pesawat dan biaya yang lebih murah dari paket reguler pastinya.

(Foto: Dok. Cynthia Paramita/Instagram @chia_paramita)

Lalu, ia pun mencari cara salah satunya dengan mengurangi beberapa fasilitas yang biasa dikasih oleh travel-travel umroh. "Misalnya, kayak seragam dan koper itu kita nggak pakai. Karena seragam juga cuma dipakai sekali di sana. Beberapa orang juga nggak mau umroh pakai seragam karena kayak anak TK ya," tuturnya.

"Saya bantu urus visa dan land arrangement-nya. Ketika ditotal itu bisa 60 persen lebih murah daripada kita ambil travel paketan reguler. Di luar itu seperti koper, seragam, hotel dan lain-lain itu bisa kita hilangkan," tambahnya.

Trik jitu umroh mulus ala backpacker

Menurut Butet keuntungan melaksanakan umroh dengan cara backpacker adalah waktu bisa kita atur sendiri. Karena mulai dari tiket pesawat dan penginapan dicari sendiri. Jadi, tidak diburu waktu dan jadwal oleh agen travel. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui calon jemaah sebelum berangkat umroh ala backpacker.

"Kamu harus paham secara detil bagaimana perjalanan umroh dengan cara backpacker. Makanya penting untuk cari tahu dan dengar pengalaman orang-orang yang sudah pernah melakukan perjalanan tersebut," sarannya.

Butet menambahkan risiko lainnya itu karena tiket murah jadi harus siap jika tiba-tiba maskapai mengubah jadwal. Dan, ingat saat berangkat tidak didampingi oleh orang travel. Meskipun, di sana sudah ada pemandunya.

(Foto: Dok. Cynthia Paramita/Instagram @chia_paramita)

"Yang terpenting calon jemaah harus punya mental seorang backpacker ya. Kalau ada masalah jangan rewel atau manja karena di sana dilakukan sendiri tidak dilayani," jelasnya.

Untuk kamu yang ingin tahu tentang perjalanan umroh dan haji ala backpacker bisa bergabung di komunitas Facebook: Ayo Ke Mekkah.

"Sudah keliling dunia kok belum keliling Ka'bah?" Elly Basrah Lubis, ketua komunitas Umroh Backpacker.


(yun)