INTERIOR

7 Desain Rumah untuk Berlatih Yoga dan Meditasi

Gervin Nathaniel Purba
Jumat 15 Mei 2020 / 09:53

Jakarta: Melakukan yoga maupun meditasi dinilai sangat tepat dalam mengisi kegiatan sehari-hari selama masa karantina ini.

Yoga bagus untuk menjaga kelenturan tubuh. Sedangkan, meditasi bagus untuk menjaga pikiran tetap jernih, tenang dan meningkatkan fokus.

Bagi kamu yang gemar melakukan keduanya atau salah satunya, sudah pasti memiliki satu ruang khusus untuk menunjang kegiatan tersebut ya.

Namun, jika kamu baru saja ingin merancangnya, berikut ide-ide desain rumah untuk yoga atau meditasi yang bisa kamu tiru, diantaranya:

1. Hatley House, Kanada

Rumah runcing karya Pelletier de Fontenay dan François Abbott ini memiliki kamar berperabotan minimal yang terbuat dari kayu lapis. Dibangun di atas kamar tidur utama, loteng tersebut dirancang untuk ruang meditasi.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

2. Lyons Garden, Meksiko

Studio Mexico City Colectivo Lateral de Arquitectura membangun rumah pantai di Samudra Pasifik untuk klien yang membayangkan liburan meditatif. Satu kamar menghadap ke tepi laut dengan dinding kaca geser dan memiliki lampu bundar besar di atasnya.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

3. Lai Yard, Tiongkok

Sebuah ekstensi mengkilap ditambahkan ke hunian Tiongkok, di Nanjing, hasil karya Ming Gu Design. Ruangan studio menciptakan volume sebagai tempat untuk menumbuhkan kesadaran dengan area terdekat untuk menyiapkan dan minum teh.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

4. Crestview Lane House, Amerika Serikat

Deborah Berke Partners telah melengkapi kediaman ini dengan pusat kebugaran terpisah untuk suami dan istri di daerah Hamptons, New York.

Pintu kaca geser mengantar sinar matahari dan menyediakan akses ke halaman berumput serta kolam renang luar ruangan.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

5. AYC, Chili

DX Arquitectos menambahkan ekstensi berbingkai kayu ke rumah seorang guru yoga di Santiago, sehingga dia bisa mengajar kelas. Proyek ini untuk direktur Yoga Ashtanga Chili - sekolah tertua di negara yang mengkhususkan diri dalam gaya yoga ini.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

6. Mermaid Beach Residence, Australia

Pemilik rumah menginginkan mereka dapat berselancar dan melakukan yoga. Mereka pun menugaskan B.E. Arsitektur untuk membuatnya. Terletak di Queensland, Australia, tempat tinggal ini memiliki beberapa area untuk menikmati alam bebas.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)

7. Ceiba House, Meksiko

Arsitek Jorge Ramirez melestarikan pohon buah tua saat merenovasi rumahnya di Aguascalientes, Meksiko. Dia kemudian menambahkan studio di atasnya sebagai tempat bagi istri dan dirinya sendiri untuk berlatih yoga.

embed

(Foto: Dok. Dezeen.com)


(yyy)