INTERIOR

7 Benda Ini Wajib Ada di Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Gervin Nathaniel Purba
Selasa 21 Juli 2020 / 16:45

Jakarta: Tidur merupakan proses mengistirahatkan tubuh sambil memperbaiki beberapa sel yang rusak setelah aktivitas seharian. Jika kualitas tidur tidak memadai, biasanya akan berdampak pada badan yang mudah lesu dan tidak semangat.

Banyak cara dalam meningkatkan kualitas tidur. Selain menghindari tidur larut malam, kamu juga memerlukan beberapa benda berikut ini:

1. Kasur berkualitas

Dikutip dari Home Decor, kasur yang baik sangat penting untuk mendapatkan tidur yang baik. Baik kasur empuk sampai yang harganya mahal, intinya dapatkan kasur yang memberikan kenyamanan pada punggung.

2. Semprotan bantal

Aroma wangi pada bantal dapat membantu kualitas tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma dapat menyebabkan produksi hormon tertentu. Termasuk melatonin, hormon yang mendorong tidur nyenyak.

embed

(Konsep di balik selimut berbobot membuatmu merasa dipeluk, sehingga meningkatkan pelepasan hormon serotonin. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Tirai

Tidak adanya kegelapan, ternyata dapat mengganggu kualitas tidur. Termasuk menyaring cahaya lampu yang mengalir masuk dari luar jendela kamar.

4. Lilin atau Diffuser

Keduanya memberikan aromaterapi yang membuat tidur lebih nyenyak. Ada ramuan khusus  dari lilin atau diffuser yang bisa menghilangkan stres dan membuat bangun jadi lebih segar.

5. Selimut berbobot

Konsep di balik selimut berbobot (biasanya diisi dengan benda-benda kecil seperti plastik polipropilen atau manik-manik kaca) adalah bahwa berbaring di bawah tekanan konstan dan merata (alias perasaan dipeluk) meningkatkan pelepasan hormon serotonin.

Ini pada gilirannya membantu kamu untuk relaksasi dan membangkitkan rasa aman serta tenang tentunya.

embed

(Masker mata juga membantu menghalangi cahaya ketika hendak tidur. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

6. Lampu bangun

Jika suara alarm membuat kamu merasa letih setiap pagi, coba gunakan lampu bangun (wake-up light) yang meniru matahari terbit untuk mengangkat kamu dengan lembut dari alam mimpi.

7. Masker mata

Masker mata juga membantu menghalangi cahaya ketika hendak tidur. Gunakan satu yang bisa dihangatkan (pelemas otot) atau dinginkan untuk menenangkan mata yang lelah.

Selamat mencoba!


(yyy)