FITNESS & HEALTH

5 Kebiasaan Keliru Saat WFH yang Harus Diubah

Gervin Nathaniel Purba
Selasa 28 Juli 2020 / 16:21

Jakarta: Bekerja dari rumah (work from home/WFH) akibat pandemi covid-19 menimbulkan sejumlah kebiasaan baru. Namun, kita terkadang tidak menyadari, apakah kebiasaan baru ini sebenarnya baik atau buruk.

Selama sekitar empat bulan ini, persepi tentang WFH mungkin telah banyak berubah. Apa yang awalnya tampak seperti menenangkan. Kini menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Jika kamu masih berpikir untuk mengubah cara, tetapi kesulitan menemukan masalahnya, berikut adalah lima pekerjaan yang perlu dari kebiasaan di rumah, yakni:

1. Bekerja di tempat tidur

Bekerja di tempat tidur membuat seseorang akan benar-benar malas. Selain pekerjaan resmi, karyawan tidak terlibat dalam aktivitas apapun yang memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Cobalah menjauh dari tempat tidur ketika bekerja.

2. Buka laptop setiap pagi

Salah satu pekerjaan yang paling bisa diidentifikasi dari kebiasaan di rumah adalah bangun untuk pekerjaan. Sangat beracun untuk memulai harimu dengan catatan seperti itu.

Ini juga berarti bahwa kamu tidur memikirkan pekerjaan yang sangat bermasalah. Belajarlah untuk memberi diri waktu dan menenangkan indera sebelum beralih ke pekerjaan.

embed

(Tak sedikit, seorang Ibu yang WFH mengaku kewalahan saat harus bekerja sambil menjaga anak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Tidak ada jeda

Tidak seperti bekerja di kantor, sepertinya tidak ada cukup istirahat ketika bekerja dari rumah. Meskipun, sudah berada di rumah tidak ada ruang batas antara pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah.

4. Selalu pegang ponsel

Telepon dan email adalah satu-satunya sumber informasi terkait kantor. Karenanya, membawa ponsel ke mana-mana menjadi suatu kewajiban. Meskipun, penting untuk tetap mendapat informasi terbaru tentang segala hal, kita perlu istirahat sebentar dan bersantai.

5. Jam tidur terganggu

Beberapa orang terus-menerus cemas dengan pekerjaan mereka, sehingga menjadi sulit tidur. Ini dapat mengurangi kondisi mental dan juga dapat menjauhkan dari keluarga.


(yyy)