FAMILY

Tips Menjalani Gaya Hidup Minimalis

Raka Lestari
Rabu 09 September 2020 / 17:23

Jakarta: Menjalani gaya hidup minimalis, selain agar barang-barang dapat diatur lebih baik ternyata juga dapat memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Dengan gaya hidup minimalis, kamu bisa membuat lingkungan sekitar menjadi lebih teratur, yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood dan kemampuan untuk fokus, serta membantumu untuk memprioritaskan apa yang diinginkan dan diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup minimalis, seperti:

Keluar dari zona nyaman 

Seorang psikolog, Allen Elkin, PhD, direktur Stress Management and Counseling Center di New York, mengatakan beberapa orang mungkin tidak menyukai untuk melakukan pembersihan. Sementara, beberapa orang lainnya merasa tidak nyaman berada dalam situasi di mana ada banyak yang berantakan. 

"Cobalah untuk cari tahu tipe yang kamu sukai. Kemudian, cobalah bekerja keras untuk membersihkan hal-hal yang tidak penting. Mulailah dari meluangkan beberapa menit setiap harinya untuk menyimpan atau membuang barang-barang yang tidak terpakai," saran Elkin.

Menemukan sumber motivasi 

“Pikirkan mengapa Anda harus membuang atau mengurangi suatu barang. Dengan begitu, dapat membantu untuk mengurangi kebingungan Anda,” kata Catherine Roster, PhD, profesor manajemen di Anderson School of Management di University of New Mexico. 

“Cobalah untuk memikirkan tujuan yang membuat Anda melakukan hal tersebut,”tambahnya.

embed

(Pikirkan mengapa kamu harus membuang atau mengurangi suatu barang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Meminta bantuan orang lain untuk membuang barang 

Mintalah bantuan orang lain seperti teman atau keluarga untuk memilh barang-barang apa saja yang sudah harus dibuang. Joseph Ferrari, PhD, seorang profesor psikologi di DePaul University di Chicago menyarankan untuk membuang barang-barang, terutama yang memiliki nilai penting. 

“Karena ketika Anda menyentuh barang yang ingin dibuang tersebut, kemungkinan Anda tidak akan jadi membuangnya,” katanya.

Menyediakan tempat khusus untuk barang-barang

Untuk mencegah lingkungan menjadi berantakan, siapkan lemari, laci, rak, tempat sampah, atau lemari khusus tempat uang, buku, tas, serta pakaian dan barang-barang lainnya yang harus disimpan. Ketika, kamu memindahkan barang dari tempatnya, kamu harus berkomitmen untuk mengembalikannya ke tempat semula.

Pikirkan secara matang ketika akan membeli suatu barang 

“Belilah lebih sedikit barang dan pikirkan berkali-kali sebelum Anda membelinya,” kata Darby Saxbe, PhD, seorang profesor psikologi dan direktur Center for the Changing Family di University of Southern California. 

Sebelum membeli, ia menyarankan agar kamu berpikir apakah memang benar-benar membutuhkannya atau tidak.


(yyy)