GAYA OKKY

Tips Gaya Casual ke Kantor untuk Wanita Berhijab

Raka Lestari
Selasa 10 Desember 2019 / 18:54

Jakarta: Gaya casual merupakan gaya berpakaian yang mengutamakan kenyamanan. Meski demikian, bukan berarti tidak memperhatikan penampilan. Gaya casual identik dikenakan dalam suasana santai. Namun, bisa juga digunakan ketika kamu sedang berada di kantor terutama bagi mereka yang mengenakan hijab pada keseharian mereka.

Okky Asokawati, seorang model papan atas Indonesia menjelaskan, “Berbicara mengenai hijab, yang perlu diperhatikan adalah kita harus memahami bagaimana tinggi tubuh kita. Seseorang yang tinggi tubuhnya tidak terlalu semampai atau misalnya kurang dari 160 cm saya sarankan untuk menggunakan busana berwarna monokromatik.”

Maksudnya adalah usahakan memilih busana dengan warna senada karena menurut Okky, dengan menggunakan busana berwarna senada akan terlihat lebih jenjang.

“Kalau memang seseorang tinggi tubuhnya 165 cm ke atas maka lebih aman mengenakan hijab yang berwarna kontras dengan busananya. Misalnya menggunakan atasan berwarna hitam kemudian hijabnya berwarna abu-abu muda,” ujar Okky.

Okky menyarankan untuk menghindari memilih busana dengan lebih dari dua warna. Hindari pemakaian busana sampai tiga warna. Misalnya hijab berwarna putih, tunik atau blazer berwarna hitam, dan bawahannya berwarna krem. Pemakaian busana dengan warna seperti itu tidak menguntungkan bagi si pemakai.”

Selain itu, jika ingin mengenakan busana casual ke kantor usahakan untuk tidak menggunakan jas yang berstruktur tetapi bisa menggunakan tunik panjang. “Bisa menggunakan tunik yang menutupi paha atau 10 cm di bawah lutut.

Dan untuk celana usahakan tidak menggunakan yang terlalu lebar karena menurut saya proporsi dalam berhijab itu sangat penting,” katanya.

(Okky menyarankan untuk menghindari memilih busana dengan lebih dari dua warna. Foto: Ilustrasi. Dok. Pinterest.com)

“Ketika kita sudah menggunakan baju panjang dan lebar pada bagian atas, untuk mengimbangi agar proporsinya seimbang maka bisa menggunakan bawahan yang tidak terlalu lebar tetapi menggunakan pipe pants."  

Pemilik dan Instruktur di OKKY.WALLA Human Capital Development ini menambahkan, jika ingin memilih gaya casual ke kantor usahakan tidak menggunakan pakaian bermotif.

"Kantor itu kan suasananya serius untuk itu hindari pakaian dengan motif-motif seperti motif bunga misalnya. Anda bisa menggunakan motif bergaris tipis yang jarak antar garisnya sempit. Kalau yang jaraknya lebar itu cenderung seperti piyama," sarannya.  


(yun)