GAYA OKKY

Tips Merawat Sepatu Kesayangan agar Tetap Awet

Raka Lestari
Selasa 21 Juli 2020 / 17:02

Jakarta: Selama work from home, tentunya kita menjadi lebih sering di rumah. Oleh karena itu, sepatu-sepatu koleksi kita pun jadi jarang digunakan ya. 

Beberapa sepatu yang sudah lama tidak digunakan, biasanya akan menjadi lebih cepat rusak. Untuk itu, perlu dilakukan perhatian khusus kepada sepatu-sepatu kesayanganmu.

“Selama masa pandemi, dengan PSBB ini memang WFH sudah menjadi bagian dari keniscayaan ya. Kita menjadi jarang keluar rumah. Nah, hati-hati dengan ini karena sepatu yang jarang kita pakai, berbulan-bulan tidak dipakai itu bisa jadi cepat rusak,” ujar Okky Asokawati selaku Advisor Gaya.id.

Berdasarkan pengalaman pribadi dari Okky Asokawati, sepatu yang sudah lama tidak dipakai biasanya begitu akan dipakai terkadang bisa membuat kulit sepatu menjadi rusak, atau bahkan hak sepatu dan sol menjadi lepas.

embed

(Setelah dikeluarkan dari dalam kotak, sebaiknya kamu segera menjemur sepatu agar tidak mudah lembap. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

“Jadi memang untuk melakukan penyimpanan sepatu atau pemeliharaan sepatu, supaya tetap awet meskipun sudah tidak dipakai lama sebaiknya kalau kita menyimpannya di dalam kotak maka paling tidak seminggu sekali kita keluarkan sepatu dari kotak,” anjur Okky.

Setelah dikeluarkan dari dalam kotak,  pemilik dan instruktur di OKKY.WALLA Human Capital Development ini juga menyarankan agar menjemur sepatu agar tidak mudah lembap.

“Kalau kulit yang mengeletek, sol yang copot atau hak yang copot itu biasanya karena sepatu lembap. Untuk menghindari kelembapan pada sepatu, maka sebaiknya seminggu sekali dikeluarkan kemudian dijemur. Setelah itu, dimasukkan kembali ke dalam lemari,” pungkasnya. 


(yyy)