EXTERIOR

Ragam Manfaat Bercocok Tanam untuk Anak

Raka Lestari
Jumat 15 Mei 2020 / 13:08

Jakarta: Ketika sedang berada di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, menanam bisa bermanfaat sebagai salah satu cara untuk menghibur diri dan juga bisa membuat tubuh terkena sinar matahari yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat dari menanam juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Dikutip dari Romper, menurut Jack Gilbert, Ph.D., penulis buku Dirt is Good, paparan bakteri di tanah ketika anak-anak bermain di luar dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh mereka. 

"Jadi, meskipun banyak orang tua yang ragu mengajak anak berkebun sebenarnya itu dapat membantu menjaga anak-anak untuk tetap sehat," tuturnya. 

Menurut Dr. Deborah Zlotnik, seorang psikolog, selain bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak, berkebun juga memiliki dampak positif pada psikologis anak. Ia menyebutkan bahwa anak-anak di era digital seperti sekarang ini dapat menggunakan berkebun sebagai cara untuk menghilangkan stres. 

embed

(Paparan bakteri di tanah ketika anak-anak bermain di luar dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Dan bertanam, biasanya identik dengan orang tua atau orang-orang yang tinggal di desa. Namun seorang petani keturunan Belanda – Jerman bernama Indry Matsers ini sangat mencintai bercocok tanam.

Ia mengatakan bahwa motivasinya dalam berkarya hanya berlandaskan keinginan bahwa jika berbuat baik kepada alam, ia yakin alam akan memberikan kebaikan. 

Saat ini ia memiliki profesi sebagai Penyedia Jasa Landscape Designer & Consultant. Ia lebih dikenal dengan sebutan petani bule. Melalui website pribadi miliknya, yaitu petanibule.com kamu bisa melihat berbagai proyek yang sudah dikerjakan Indry yang berkaitan dengan bercocok tanam. 


(yyy)