TIPS & TRIK

Pakai Trik Ini, Jika Kabel Charger Rusak

Yuni Yuli Yanti
Jumat 20 Desember 2019 / 13:58

Jakarta: Kabel data (biasa disebut juga kabel Charger) adalah perangkat yang pasti ada dan sudah satu paket dengan pembelian handphone (Hp). Kabel ini ada yang ringkih, ada juga yang kuat. Kebanyakan orang ketika kabel datanya rusak, longgar atau tidak mengisi langsung membuangnya dan beli lagi yang baru.  

Memang enggak salah, tapi kalau bisa diperbaiki akan jadi lebih hemat bukan? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan pada kabel charger sebelum memutuskan untuk beli yang baru. 

1. Betulkan port USB sendiri

Masalah yang sering muncul adalah bahan metal dalam port USB dan charger microUSB tidak terhubung dengan baik, entah karena kerusakan dari pabrik atau karena kamu terlalu sering colok dan cabut colokan dari kabel charger.

Yang kamu butuhkan adalah matikan hp kamu, copot baterai hp jika bisa, dan gunakan benda kecil seperti tusuk gigi untuk menaikkan tab kecil di dalam port USB di hp atau tablet kamu. Lakukan dengan sangat hati-hati ya, kemudian masukan baterai kamu dan coba charge Hp kembali. 

2. Bersihhkan port USB

Apakah kamu orang yang suka menaruh hp di kantong jin atau kantong baju? Jika iya, mungkin kain tiras (kain sisa jahitan di jin atau baju lainnya) menjadi masalah lainnya. Kain tiras bisa masuk ke port USB dan mengganggu jalannya proses charging menjadikan hp tidak bisa dicas (charge).

Selain kain, remah-remah makanan juga bisa menjadi masalah hp tidak bisa di cas (charge). Bersihkan menggunakan cotton buds atau tusuk gigi dengan kapas.

3. Tukar kabel charger dengan kabel charger hp lain

Bagian terkecil dari charger adalah kabelnya, bukan adapter kabel yang dicolok ke socket. Jika hp tidak bisa dicas cobalah mengganti kabel charger hp kamu sebelumnya dengan kabel charger hp lainnya yang sama.

Jika memang bekerja dengan baik, itu artinya masalah ada di kabel charger milikmu. Jika masih tidak bisa dicas (charge), berarti masalahnya ada di sumber lainnya.

embed

(Jika kabel bukan masalahnya, coba cek plug adaptor-nya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

4. Ganti adaptor charger

Jika kabel bukan masalahnya, coba cek plug adaptornya, sama seperti kabel charger, coba ganti dengan adaptor charger lainnya dan lihat apakah hal itu bekerja atau tidak.

Selalu pastikan adaptor charger kamu cocok dengan hp kamu atau tidak. Karena charger yang tidak cocok meskipun bisa mengisi daya baterai kamu akan tetap menimbulkan masalah di lain harinya.

5. Beda charger, beda kemampuan chargenya

Charging dari socket selalu lebih cepat daripada lewat PC atau laptop karena port USB komputer tidak mengirim power yang cukup banyak. Socket di dinding bisa mengirim dua kali lipat kekuatan listrik untuk men-charge Hp kamu.

Jika hp tidak bisa dicas (charge), pastikan charger yang kamu pakai apakah sudah cocok atau memang kamu memakai charge lain. Selalu gunakan charger asli untuk hp kamu.

6. Ganti baterai

Seperti yang kita ketahui, baterai tidak bertahan lama. Setelah beberapa tahun penggunaan, baterai pun menurun performanya. Semakin sering kamu mengisi daya baterai hp, semakin cepat baterai hp perlu diganti.

Nah, kalau keenam cara ini sudah kamu lakukan dan belum terlihat hasilnya, ambil langkah cepat untuk segera membeli charger yang baru. Atau mungkin hp yang baru? 


(yyy)