INTERIOR

Trik Jitu Menanam Kaktus di Dalam Rumah

Kumara Anggita
Selasa 14 April 2020 / 18:57

Jakarta: Kaktus adalah tanaman yang bisa tumbuh di mana saja. Namun, bila kamu merawatnya dengan cara yang tidak tepat, seperti terlalu sering menyiramnya, kaktus bisa dengan cepat mati.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menanam kaktus agar tidak mudah mati, diantaranya:

1. Cahaya

Cahaya yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan kaktus gurun. Sementara, kaktus hutan menyukai cahaya matahari, tetapi tidak langsung seperti jenis kaktus gurun. Pindahkan kaktus ke luar saat matahari sudah muncul. 

2. Tanah

Ubah tanah pot biasa dengan zat anorganik seperti perlit untuk meningkatkan drainase dan aerasi. Untuk kaktus hutan, gunakan campuran pot biasa. 

3. Air

Sirami kaktus setiap kali kompos mulai mengering. Selama penyiraman ini, pastikan tanaman disiram secara menyeluruh. Kesalahan paling umum dengan kaktus gurun adalah ketika kamu terlalu banyak memberinya air, yang akan menyebabkan pembusukan baik di pangkal tanaman atau di ujung area yang tumbuh. Jika pembusukan sudah lanjut, mungkin perlu untuk memulai menanam yang baru dari stek atau membuang seluruh tanaman.

embed

(Pindahkan kaktus ke luar saat matahari sudah muncul. Foto: Ilustrasi. Dok.Pexels.com)

4. Suhu dan Kelembapan

Selama masa pertumbuhan, kaktus gurun lebih suka berada pada suhu panas dan kering, berkisar antara 70 Fahrenheit hingga lebih dari 80 fahrenheit. Sementara kaktus hutan agak berbeda lagi, selama musim tanam, mereka memiliki jangkauan yang luas, dari 55 F hingga 70 F. 

5. Pupuk

Untuk kaktus gurun, gunakan pupuk kaktus selama musim tanam. Beberapa petani memiliki hasil yang buruk dengan pupuk standar, jadi mungkin layak untuk mencari pupuk kaktus khusus. Sementara untuk kaktus hutan, selama musim tanam pupuklah dengan pupuk standar. Kurangi pupuk selama musim tanam.

6. Hama umum

Semua jenis kaktus rentan terhadap hama termasuk kutu putih, sisik, agas jamur, dan tungau serta laba-laba. Dalam kebanyakan kasus, sangat mungkin untuk membasmi hama ini dari tanaman menggunakan kapas dan air.


(yyy)