WISATA

Lingkaran Taman Domino Cara Unik Terapkan Social Distancing

Intan Yunelia
Jumat 10 Juli 2020 / 10:27

Jakarta: Taman bermotif kartu domino di New York menjadi area baru taman publik di era new normal. Taman dengan lingkaran-lingkaran berjarak itu menjadi sarana berjemur warga di taman tanpa khawatir saling berkerumun. 

Taman ini dibuat lingkaran-lingkaran putih berjarak yang bisa diduduki para pengunjung. Para pengunjung tampak menikmati waktu santai dengan berjemur di dalam lingkaran yang telah diberi garis khusus. 

Tak hanya itu, taman ini juga terletak di tepi perairan Brooklyn yang menampilkan air mancur dan serta fasilitas lapangan dan voli pantai. 

Dilansir dari CNN, hingga saat ini warga New York masih disarankan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Dan, harus mengenakan masker jika harus keluar rumah. 

Taman domino ini dikelola swadaya oleh masyarakat Kota New York dan tidak dikelola oleh Departemen Taman dan Rekreasi kota New York. Karena itu taman berbentuk lingkaran yang berjarak ini belum muncul di seluruh Kota New York.

Di era new normal, berbagai fasilitas publik di kota kini memasang garis geometris sebagai pembatas jarak antar individu. Kebiasaan baru ini banyak ditemukan di toko-toko, kantor pos, restoran, kafe dan tempat bisnis lainnya.

Para desainer sarana publik mulai mengusulkan konsep sarana dan prasarana di era new normal. Seperti bangku taman yang dipasang pemisah jarak transparan berbahan polimer plexiglass. 

Konsep Zona Aman Gastro juga mulai diterapkan di berbagai kota di dunia. Seperti jalur sepeda khusus di Berlin, Paris, dan Melbourne untuk membantu pengendara sepeda menjaga jarak dan memudahkan transportasi umum lainnya.

Walikota New York, Bill de Blasio menyebutkan taman kota New York akan tetap dibuka. Akan tetapi, pengunjung harus tetap menjaga jarak sejauh enam kaki. Sementara, area bermain dan fasilitas olahraga publik seperti bola basket, tenis dan voli masih ditutup.


(yyy)