KULINER

Tips Memilih Menu Makan Siang yang Sehat

Raka Lestari
Rabu 29 Juli 2020 / 10:05

Jakarta: Banyak orang tentu sudah mengetahui bahwa sarapan merupakan bagian penting sebelum memulai aktivitas harian. Namun, makan siang juga tidak kalah penting dengan sarapan lho. Kamu perlu memilih makan siang yang bergizi untuk tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dan aktivitas lainnya setiap harinya.

Dr Brooke Scheller, DCN, CNS, direktur nutrisi di Freshy menekankan bahwa makan siang memenuhi sepertiga asupan nutrisi harian. Dan, untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat saat makan siang, kita perlu memilih makanan yang tepat.

“Makan siang yang paling baik adalah yang mengandung beberapa komponen seperti: protein, lemak sehat, serat, dan sayur-sayuran.  Dalam memilih makan siang, sebaiknya mengandung protein seperti ayam, ikan, telur atau kacang-kacangan," saran Dr Scheller.

“Protein berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan menjaga energi tetap mencukupi sampai sore hari. Protein juga mengandung asam amino yang merupakan kunci dalam mendukung otak dan membantu kesehatan otot dan tulang,” tambahnya.

embed

(Sayur-sayuran dapat menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung produksi energi dan fungsi otak. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Menurutnya, makan siang yang sehat juga tetap membutuhkan lemak yang sehat karena lemak yang sehat berfungsi untuk memperlambat proses metabolisme makanan serta penting untuk penyerapan nutrisi yang mendukung otak dan mendukung produksi hormon, termasuk hormon stres. 

“Asam lemak omega-3 juga sangat penting dalam membangun otak,” tambah Dr Scheller. Selain itu, makanan berserat tinggi juga dibutuhkan untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. sedangkan, sayur-sayuran dapat menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung produksi energi dan fungsi otak.

Dr Scheller juga menyarankan untuk mengonsumsi sayuran dengan dada ayam panggang dan alpukat. Salad dengan sayur, salmon, dan minyak zaitun bisa menjadi pilihan karena mengandung keempat unsur makan siang yang sehat.


(yyy)