BEAUTY

3 Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Perawatan Kulit

Raka Lestari
Rabu 26 Agustus 2020 / 11:01

Jakarta: Buah anggur memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Tetapi, selain buahnya, ternyata biji anggur juga tidak kalah bermanfaat. Bahkan, minyaknya pun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit lho! 

1. Melembapkan

Kamu bisa memilih minyak biji anggur yang organik karena cenderung tidak mengandung residu bahan kimia yang berpotensi berbahaya. Gunakan minyak ini sebagai pelembap atau untuk merawat area kulit yang bermasalah. Ingat, minyak biji anggur tidak menyumbat pori-pori, tidak seperti minyak kelapa yang dapat menyebabkan jerawat.

Menurut Marisa Plescia, seorang ilmuwan riset, minyak biji anggur dapat menembus kulit dengan cepat, membuat kulit lembut, kenyal, dan lembap.

Sedangkan, menurut Desiree Pais, editor kecantikan di Herbivore Botanicals, minyak biji anggur mengandung banyak vitamin E dan asam linoleat yang berfungsi untuk mengurangi inflamasi. 

embed

(Minyak biji anggur memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

2. Mengurangi bekas jerawat

Selain itu, menurut ahli dermatologis, Debra Jaliman, minyak biji anggur dapat mengurangi bekas luka jerawat. Jika, kamu mengalami rosacea atau eksim, minyak ini juga bisa sangat bermanfaat.

Menurut dokter kulit Tsippora Shainhouse, kandungan asam linoleat pada minyak biji anggur tidak hanya berfungsi untuk membuka pori-pori, tetapi juga dapat membuat kulit mnejadi lebih halus dan lembut. 

3. Anti-aging

Lalu, ada fakta bahwa minyak biji anggur mengandung mikronutrien yang disebut polifenol, vitamin D, C, E, dan antioksidan. Kandungan tersebut tidak hanya melindungi kulit dari lingkungan yang buruk seperti kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV, tetapi juga dapat mengurangi bintik matahari, garis halus, lingkaran hitam, dan kerutan, yang merupakan tanda-tanda dari penuaan.


(yyy)