BEAUTY

4 Ciri Kulit Sehat, Beauty Lovers Wajib Tahu

Kumara Anggita
Kamis 27 Agustus 2020 / 19:52

Jakarta: Semua orang menginginkan kulit yang sehat karena kulit sehat akan membuat kita merasa nyaman dan tampil lebih percaya diri. Namun, sebenarnya apa sih definisi dari kulit sehat? Apakah saat ini kamu sudah memilikinya?

dr. Rizky Lendl Prayogo, SpDV menjelaskan bahwa manusia memiliki 16 tipe kulit, diantaranya:

- Kering atau berminyak

- sensitif atau resisten

- memiliki masalah pigmentasi abnormal atau tidak memiliki gangguan pigmentasi

- berkerut atau kencang

Menurutnya, tipe kulit yang dianggap paling sehat adalah yang tergolong ORNT (oily atau berminyak, resistant atau tidak sensitif, nonpigmented atau tidak memiliki masalah pigmentasi, dan tight atau kencang).

Nah, yang dimaksud kulit berminyak adalah kulit yang bukan cenderung memiliki minyak berlebihan tapi memiliki kadar minyak yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. 

embed

(Tipe kulit yang dianggap paling sehat adalah yang tergolong ORNT. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Kulit tidak sensitif berarti tidak mudah mengalami iritasi, tidak mudah alergi. Juga, tidak mudah mengalami kelainan kulit seperti biduran atau jerawat atau penyakit lainnya. 

dr. Rizky mengatakan bahwa masalah pigmentasi ada berbagai macam. Seperti, warna kulit tidak merata, adanya flek, bahkan gangguan pigmentasi yang sifatnya ganas. 

Sedangkan, yang dimaksud dengan kulit kencang adalah kerutan tidak tampak jelas. Ini mencerminkan kulit bayi atau remaja yang sehat. 

Jadi, kamu sudah tahu ya tipe kulitmu seperti apa. Pastikan kamu sudah menerapkan perawatan kulit yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga.


(yyy)