GAYA OKKY

Tips Padu Padan Busana untuk Si Pencinta Warna Kuning

Raka Lestari
Selasa 21 Januari 2020 / 11:52

Jakarta: Jika dulu pakaian berwarna kuning dianggap terlalu mencolok atau norak. Kini, warna cerah itu justru menjadi andalan beberapa orang untuk menunjukkan karakter yang lebih aktif, supel dan memberi kesan ceria.

Namun, sebagian orang mengaku kesulitan untuk memadupadankan busana warna terang ini. Kebanyakan dari mereka khawatir kuning dapat membuat penampilan mereka justru menjadi kusam. 

“Kuning merupakan warna yang cerah, sehingga memang kalau kita ingin memberikan penampilan yang segar dan cerah bisa memilih warna kuning. Bisa juga menggunakan busana dengan tema all yellow untuk memberikan kesan segar,” tutur Okky Asokawati. 

Menurut Advisor Gaya.id ini warna kuning cocok dipadukan dengan warna-warna gelap seperti hitam misalnya. “Warna kuning yang dipadukan dengan warna gelap, dapat menimbulkan kesan dramatis tetapi tetap bold atau tegas,” tuturnya.  

embed

(Jika ingin menimbulkan kesan yang lebih santai, bisa juga memadukan warna kuning dengan putih untuk memberikan kesan yang segar dan cerah. Foto: Okky Asokawati. Dok. Instagram/@okkyasokawatireal)

Namun, Okky tidak menyarankan untuk menggunakan busana dengan tema all yellow pada saat acara-acara resmi, seperti ketika sedang melakukan presentasi.

“Kalau menggunakan busana all yellow menurut saya kurang menguntungkan jika dipakai saat peresentasi. Pada saat presentasi kita perlu memberikan kesan authority seperti warna-warna gelap seperti abu-abu tua, coklat, bronze, atau navy blue juga bisa,” kata pemilik dan instruktur di OKKY.WALLA  Human Capital Development.

embed

(Menggunakan warna kuning juga bisa memberikan kesan ringan dan feminine, jadi perlu memerhatikan situasi yang tepat untuk dipakai. Foto: Okky Asokawati. Dok. Instagram/@okkyasokawati)

Akan tetapi, jika ingin menggunakan warna kuning pada saat presentasi, bisa diperhatikan terlebih dahulu situasinya. "Kalau presentasi di hadapan klien atau kolega kantor, untuk menimbulkan kesan authority sebaiknya jangan menggunakan kuning. Namun jika presentasi di depan anak TK atau anak sekolah, mungkin masih bisa dipakai. Berbusana harus disesuaikan dimana, kapan, dan dengan siapa kita berhadapan," tambahnya. 

“Menggunakan warna kuning juga bisa memberikan kesan ringan dan feminine, jadi perlu memerhatikan situasi yang tepat untuk dipakai. Dan, jika ingin menimbulkan kesan yang lebih santai, bisa juga memadukan warna kuning dengan putih untuk memberikan kesan yang segar dan cerah. Kuning juga bagus dengan warna-warna netral seperti camel,” saran Okky. 


(yyy)