TIPS & TRIK

Cara Mute Notifikasi di WhatsApp

Kumara Anggita
Selasa 24 Desember 2019 / 19:59

Jakarta: Kamu bisa berada dalam berbagai grup yang ada di WhatsApp. Dan yang bikin frustasi adalah ketika grup-grup tersebut terus berbunyi dan menganggu fokus kamu.

Tak perlu berkesal hati atau bahkan keluar dari grup karena hal yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan mute grup tersebut dengan mengotak-atik bagian setting.

Berikut cara mute notifikasi di WhatsApp seperti dilansir dari laman resminya faq.whatsapp berikut ini:

Lihat pengaturan ponsel kamu

- Klik aplikasi dan pemberitahuan kemudian klik WhatsApp dan klik lagi pemberitahuan aplikasi.

Pada sebagian besar ponsel, kamu akan memiliki opsi untuk:

- Blokir semua notifikasi bila kamu menginginkan notifikasi dan bahkan kamu juga bisa hilangkan ikon WhatsApp agar tidak muncul di bilah status ponsel.
- Tampilkan pemberitahuan diam atau silence jika kamu ingin pemberitahuan  itu muncul tanpa suara, getaran, atau peeking.
- Peeking adalah fitur Android yang memungkinkan pemberitahuan muncul secara singkat ditampilkan di bagian atas layar saat kamu melakukan sesuatu yang lain.
- Selain itu, kamu juga dapat menavigasi ke pengaturan aplikasi telepon dengan menyesuaikan volume pemberitahuan pada suara.

embed

(Setelah kamu mute karena kamu enggan keluar dari grup atau berkomunikasi dengan seseorang secara tidak langsung, sekarang bisa mengurangi 'kebisingan' yang kamu rasa cukup menganggu ya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Pengaturan pemberitahuan WhatsApp

- Buka WhatsApp> ketuk Opsi lainnya> Pengaturan> Pemberitahuan. Di sini kamu dapat mengatur notifikasi untuk pesan, grup, dan panggilan dengan memilih:

Nada pemberitahuan

-Panjang getaran
-Mau atau tidak menampilkan notifikasi pop up. Ini adalah fitur WhatsApp yang memungkinkan pemberitahuan untuk ditampilkan di tengah layar kamu.
-Pemberitahuan warna terang
-Pemberitahuan prioritas tinggi (Android 5.0+). Pengaturan ini dapat digunakan untuk menonaktifkan notifikasi peeking. Ini adalah fitur Android yang memungkinkan notifikasi muncul sebentar di bagian atas layar kamu saat menggunakan ponsel.
-Menonaktifkan pemberitahuan yang paling kamu prioritaskan

Custom notifikasi

- Buka obrolan individu atau grup
- Klik nama individu atau grup tersebut
- Klik Pemberitahuan khusus> centang Gunakan pemberitahuan khusus
- Di sini kamu dapat memilih nada notifikasi, getaran, sembulan dan cahaya (hanya untuk ponsel yang berlaku)

Cara mute

1. Klik dan tahan obrolan individu atau grup di layar Obrolan
2. Ketuk ikon bungkam atau mute di sudut kanan atas
3. Ketuk lama waktu yang kamu inginkan untuk menonaktifkan pemberitahuan
4. Kalau kamu mau, kamu bisa juga hapus centang Tampilkan pemberitahuan untuk menghentikan pemberitahuan agar tidak ditampilkan di pemberitahuan kamu

Begitulah tahap-tahapnya, cukup simpel dan sekarang kamu tidak usah pusing-pusing lagi mendengar handphone kamu berisik.


(tin)